top of page
halaman blog financial technology company Indonesia
Artikel Solusi Pembayaran elektronik Indonesia

Blog

Artikel terbaru financial technology Indonesia
  • Gambar penulisAdmin

Pahami Konsep Virtual Account: Definisi dan Implikasinya dalam Transaksi Keuangan



Konsep virtual account dan manfaatnya

Dalam dunia bisnis saat ini, virtual account telah menjadi kunci efisiensi dan kemudahan transaksi keuangan. Artikel ini akan membahas apa yang dimaksud dengan virtual account, sejarah perkembangannya, dan bagaimana ia dapat memberikan dampak positif pada bisnis baik dari sisi produktivitas maupun dari kontrol keuangan.


Pengertian Virtual Account

Virtual account adalah nomor rekening yang tidak terkait langsung dengan rekening fisik atau konvensional. Jenis akun ini juga muncul sebagai solusi dalam dunia perbankan dan keuangan untuk menyederhanakan proses pembayaran dan meningkatkan efisiensi.


Virtual Account umumnya terdiri dari angka dan huruf yang tersusun secara unik dan awalnya hanya dapat digunakan untuk menerima transaksi atau pembayaran dari pelanggan atau klien. Namun seiring berjalannya waktu, layanan virtual account dapat diterapkan dalam berbagai konteks, misalnya untuk melakukan pembayaran ke vendor atau bahkan sebagai sarana identifikasi unik dalam transaksi keuangan.


Sejarah Virtual Account

Popularitas virtual account saat ini tidak lepas dari sejarah panjang bagaimana sistem perbankan berkembang. Hal ini bermula dari kemunculan konsep perbankan elektronik dan transaksi online pada akhir tahun 1990an di Amerika Serikat. Bank-bank mulai menyediakan layanan perbankan online yang memungkinkan nasabah untuk mengakses rekening mereka, mentransfer dana, dan melakukan sejumlah operasi perbankan lainnya melalui internet.


Seiring berjalannya waktu dan perkembangan globalisasi, konsep perbankan elektronik ini kemudian diterapkan di Indonesia oleh Bank Indonesia pada tahun 2001 dalam program GPN (Gerbang Pembayaran Nasioanl). Program yang bertujuan untuk memudahkan transaksi keuangan dalam negeri dengan cara elektronik juga menjadi cikal bakal munculnya sistem Virtual Account Number 10 tahun kemudian.


Virtual account memberikan kemudahan bagi para pelaku e-commerce dengan menyediakan fitur transaksi melalui ATM (Automated Teller Machine) atau internet banking tanpa menggunakan nomor rekening penjual. Selain itu, Virtual Account juga memiliki fitur yang dapat melacak status pembayaran secara online sehingga pemiliknya dapat melihat riwayat alur keuangannya dengan lebih mudah.


Kemunculan virtual account ini kemudian mendapat perhatian khusus oleh pemerintah dengan diberlakukannya beberapa aturan yang meliputi syarat pembuatan virtual account, lingkup penggunaannya, dan tata cara pelaporan transaksinya. Pembaharuan aturan ini berimplikasi pada popularitas virtual account yang semakin meningkat dan berhasil memantik berbagai bank negeri ataupun swasta di Indonesia untuk mulai menawarkan layanan ini.


Cara Kerja Virtual Account

Cara kerja virtual account dapat berbeda antara 1 platform dengan platform yang lain. Namun secara garis besar, alur kerja fitur ini dapat dipahami dari urutan berikut:

  1. Virtual account dari aplikasi tertentu menampilkan kode pembayaran unik saat pelanggan hendak membayar.

  2. Pelanggan membuka m-banking dan memilih opsi Pembayaran.

  3. Kode pembayaran unik tadi kemudian disalin dan dimasukkan ke tab Pembayaran menggunakan VA.

  4. Setelah itu pembayaran akan diproses dan tampilan notifikasi transaksi yang berhasil akan muncul.


Manfaat Virtual Account

Virtual account tentu memberikan sejumlah keuntungan dalam penggunaannya, terutama dalam konteks bisnis dan pengelolaan keuangan masa kini. Berikut adalah beberapa manfaat virtual account:

1. Lebih Fleksibel

Pembayaran virtual account tidak membutuhkan pelanggan untuk mencari gerai ATM atau teller bank terdekat. Pelanggan bahkan dapat melakukan transaksi pembayaran darimana saja selama terkoneksi dengan internet sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga.

2. Automasi Pelayanan Pembayaran

Virtual account memiliki sistem automasi yang memudahkan pemilik akun untuk mengetahui setiap transaksi yang terjadi dari pelanggan. Penyederhanaan ini juga akan membantu meringankan transaksi dari banyak pelanggan dalam waktu yang bersamaan.

3. Kemudahan Pembukuan Transaksi

Setiap transaksi yang dilakukan oleh pelanggan akan terekam secara otomatis sehingga perusahaan dapat lebih mudah melakukan pembukuan. Selain itu, virtual account juga memungkinkan perusahaan untuk mengetahui siapa saja yang belum melakukan pembayaran sehingga dapat membantu perusahaan untuk mengontrol pelunasan transaksi dari pelanggan tersebut.

4. Melayani Transaksi dari Berbagai Platform

Popularitas virtual account juga dibarengi oleh inovasi-inovasi yang dibuat oleh para pengembangnya agar transaksi pembayaran bisa jauh lebih mudah. Jika dahulu Virtual account hanya tersedia pada platform tertentu saja, kini layanan tersebut berkembang dan telah tersedia pada aplikasi, website, dan berbagai marketplace.

5. Mengurangi Tenaga Pekerja

Saat melakukan pembayaran dengan virtual account, perusahaan tidak perlu menyediakan tenaga pekerja karena sistem automasi pembayaran telah tersedia. Pemiliki virtual account hanya cukup menyediakan kode transaksi unik yang dibagikan secara otomatis berapa pun jumlah pelanggan yang ingin melakukan transaksi bahkan di waktu yang bersamaan.


Dengan menggunakan virtual account, perusahaan dapat meningkatkan proses pembayaran, meningkatkan efisiensi bisnis, dan meningkatkan kepercayaan pelanggan. SPE Solution sebagai perusahaan fintech enabler virtual account akan melayani digitalisasi transaksi bisnis anda agar anda mendapatkan manfaat dari fitur keuangan modern ini. Segera konsultasikan kebutuhan anda sekarang juga dengan klik tautan berikut ini.

Comments


bottom of page