top of page
  • Gambar penulisPutri SB

Jenis Virtual Account: Fixed Virtual Account dan Non-Fixed Virtual Account


jenis virtual account

Dalam revolusi digital yang terjadi di berbagai sektor, metode pembayaran menjadi salah satu aspek yang mengalami transformasi signifikan. Salah satu inovasi yang mencuat adalah Virtual Account (VA), sebuah metode pembayaran yang memanfaatkan nomor unik untuk memfasilitasi transaksi. Dalam artikel ini, kita akan merinci dengan lebih mendalam jenis VA, khususnya Fixed Virtual Account dan Non-Fixed Virtual Account, sambil memberikan wawasan mendalam, data terbaru, dan contoh nyata untuk meningkatkan pemasaran. Artikel ini akan membahas secara rinci setiap aspeknya untuk memberikan pemahaman yang komprehensif kepada para pembaca.


Pengertian Virtual Account

Sebelum kita masuk ke jenis-jenis VA, mari kita pahami lebih lanjut tentang apa itu Virtual Account. VA adalah metode pembayaran yang menggunakan nomor unik berupa kombinasi angka dan huruf. Nomor ini terdiri dari kode bank, kode perusahaan, dan nomor transaksi, memungkinkan penggunaan untuk berbagai transaksi seperti pembayaran tagihan, pembelian barang atau jasa, hingga donasi. Penggunaan VA tidak hanya mempermudah transaksi, tetapi juga meningkatkan keamanan dan efisiensi.


Jenis-jenis Virtual Account

Jenis-jenis Virtual Account mencakup Fixed Virtual Account (FVA) dan Non-Fixed Virtual Account (NFVA), kedua varian ini menawarkan pendekatan yang berbeda dalam memfasilitasi transaksi digital.  Kedua jenis ini mencerminkan evolusi metode pembayaran digital dengan menyesuaikan kebutuhan pengguna dalam berbagai konteks transaksi.


1. Fixed Virtual Account

Fixed Virtual Account adalah jenis VA yang dapat digunakan berulang kali untuk transaksi yang sama. Nomor VA fixed biasanya ditentukan oleh pengguna, misalnya nomor telepon atau nomor kartu kredit. Keunikan dari Fixed Virtual Account terletak pada fleksibilitasnya yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan nomor yang mudah diingat. Cocok untuk transaksi berulang seperti pembelian langganan atau pembayaran tagihan bulanan.


a. Proses Pembuatan Nomor VA Fixed

Nomor VA Fixed umumnya dapat dibuat oleh pengguna, menggunakan data pribadi yang mudah diingat, seperti nomor telepon atau nomor kartu kredit. Meskipun pengguna membuat nomor ini sendiri, penting untuk menekankan pentingnya keamanan, dan disarankan untuk tidak menggunakan kombinasi yang mudah ditebak.


b. Kelebihan Kemudahan dan Efisiensi

Dalam konteks kemudahan, FVA memberikan kenyamanan karena pengguna hanya perlu mengingat satu nomor VA untuk transaksi berulang. Hal ini memotong waktu yang seharusnya dihabiskan untuk memasukkan nomor VA setiap kali transaksi. Dalam skenario pembelian langganan atau pembayaran tagihan bulanan, FVA membuat proses ini lebih lancar dan efisien.


c. Tantangan Keamanan

Meskipun FVA menawarkan tingkat keamanan yang tinggi karena nomor VA bersifat rahasia, ada tantangan yang perlu diatasi. Pengguna harus berhati-hati agar nomor VA tidak jatuh ke tangan yang salah, mengingat sifatnya yang bersifat tetap. Pembaruan dan perubahan nomor VA secara berkala dapat menjadi taktik untuk meningkatkan keamanan.


d. Contoh penerapan Fixed Virtual Account:

  • Top-up saldo e-wallet

  • Pembayaran tagihan listrik, air, dan telepon

  • Donasi rutin


2. Non-Fixed Virtual Account

Non-Fixed Virtual Account adalah jenis VA yang hanya dapat digunakan satu kali untuk transaksi tertentu. Nomor VA non-fixed ditentukan secara acak oleh sistem, meningkatkan tingkat keamanan transaksi. Cocok untuk transaksi tidak berulang seperti pembelian di e-commerce atau pembayaran pajak.


a. Pembuatan Nomor VA Non-Fixed

Nomor VA NFVA dibuat secara otomatis oleh sistem, menjadikannya unik untuk setiap transaksi. Proses ini meningkatkan tingkat keamanan karena nomor VA hanya dapat digunakan untuk transaksi spesifik, mengurangi risiko penyalahgunaan.


b. Kecepatan Transaksi

NFVA memberikan kecepatan ekstra dalam transaksi karena pengguna hanya perlu memasukkan nomor VA sekali. Hal ini sangat bermanfaat dalam konteks pembelian online di e-commerce atau pembayaran pajak yang tidak memerlukan repetisi.


c. Tantangan Keberulangan

Meskipun keamanan NFVA tinggi, tantangan utama adalah ketidaknyamanan untuk transaksi berulang. Misalnya, dalam skenario pembelian berlangganan, pengguna harus mendapatkan nomor VA baru setiap kali transaksi, yang dapat dianggap sebagai kendala bagi beberapa pengguna.


d. Contoh penerapan Non-Fixed Virtual Account:

  • Pembelian barang atau jasa di e-commerce

  • Pembayaran pajak

  • Pembayaran angsuran


Perkembangan Virtual Account di Indonesia

Penting untuk melihat bagaimana VA berkembang di konteks Indonesia. Penggunaan Virtual Account di Indonesia terus meningkat seiring dengan penetrasi internet dan penggunaan perangkat digital. Menurut data terbaru dari Bank Indonesia, jumlah transaksi Virtual Account di Indonesia mencapai Rp2 triliun pada tahun 2023, meningkat sebesar 66% dari tahun sebelumnya. Trend ini diharapkan akan terus berlanjut sejalan dengan pertumbuhan teknologi digital di negara ini.

Potensi Virtual Account untuk Bisnis

Penerapan Virtual Account dalam konteks bisnis membawa sejumlah manfaat, termasuk:

  • Kemudahan: Bisnis dapat menawarkan metode pembayaran yang mudah dan praktis bagi pelanggan.

  • Keamanan: Transaksi Virtual Account lebih aman dibandingkan dengan metode pembayaran tunai atau kartu kredit.

  • Efisiensi: Bisnis dapat menghemat biaya operasional dengan menggunakan Virtual Account.

Untuk mendukung potensi ini, penting bagi bisnis untuk memahami bagaimana menerapkan Virtual Account dengan optimal dalam model bisnis mereka.


Strategi Pemasaran Virtual Account

Menyusun strategi pemasaran yang efektif dapat menjadi kunci keberhasilan dalam mengenalkan dan meningkatkan penggunaan Virtual Account. Beberapa strategi yang dapat diterapkan antara lain:

  • Informasi yang Jelas dan Mendalam: Menyediakan informasi yang mendalam tentang keuntungan dan cara penggunaan Virtual Account. Artikel blog, tutorial, dan konten mendalam lainnya dapat menjadi instrumen efektif.

  • Promosi Khusus bagi Pengguna Virtual Account: Menawarkan promosi atau diskon khusus bagi pengguna Virtual Account. Hal ini tidak hanya mendorong penggunaan, tetapi juga meningkatkan loyaltas pelanggan.

  • Kerja Sama dengan Pihak Ketiga: Menjalin kerja sama dengan pihak ketiga yang menyediakan layanan Virtual Account. Ini dapat mencakup kolaborasi dengan platform e-commerce, penyedia layanan keuangan, atau perusahaan lain yang dapat meningkatkan visibilitas dan pemanfaatan Virtual Account.


Fixed Virtual Account (FVA) dan Non-Fixed Virtual Account (NFVA) masing-masing menawarkan kelebihan dan keunikannya dalam menghadirkan solusi pembayaran digital. FVA memberikan kenyamanan luar biasa bagi pengguna dengan memungkinkan penggunaan nomor yang dapat diatur sendiri, seperti nomor telepon atau kartu kredit, untuk transaksi berulang. Keamanan dan efisiensi adalah poin kunci dari FVA, tetapi tantangan terletak pada pemeliharaan keamanan nomor yang bersifat tetap.


Di sisi lain, NFVA menanggapi kebutuhan keamanan yang lebih tinggi dengan memberikan nomor VA yang unik untuk setiap transaksi, tetapi dapat menjadi kurang praktis untuk penggunaan berulang karena perlu mendapatkan nomor baru setiap kali. Dengan demikian, pemilihan antara FVA dan NFVA tergantung pada preferensi dan kebutuhan pengguna serta sifat transaksi yang akan dilakukan, menciptakan keragaman dan fleksibilitas dalam ekosistem pembayaran digital.


bottom of page