top of page
  • Gambar penulisPutri SB

Transaksi Lebih Mudah dengan Menggunakan Pembayaran Virtual Account


transaksi pembayaran virtual account

Sejak kemunculannya pasca reformasi transaksi pembayaran dari offline ke online mulai terjadi pada awal abad ke 21. Kehadiran Virtual Account (akun rekening virtual yang berbentuk susunan kode unik) disambut baik oleh masyarakat terutama bagi para pelaku bisnis e-commerce.


Berbagia tantangan berupa kebergantungan terhadap pembayaran secara cash dapat diatasi sehingga alur transaksi menjadi lebih mudah, efisien, dan semakin masif. Penjelasan terperinci tentang Virtual Account akan dijelaskan melalui artikel ini, baik dari sisi bagaimana cara melakukan pembayaran melalui Virtual Account hingga bagaimana metode pembayaran modern ini memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha.


Kemudahan Pembayaran Menggunakan Virtual Account

Saat teknologi pembayaran belum berkembang seperti sekarang, pelanggan dan pelaku bisnis melakukan transaksi jual-beli dengan tidak praktis dan efisien. Pelanggan harus datang ke lapak penjual, dan penjual harus selalu sedia berada di lapak bisnisnya. Pelanggan juga harus membayar secara tunai, sedangkan penjual harus melayani secara langsung dan bergilir dari satu pelanggan ke pelanggan lainnya.


Ritme ini tentu memiliki banyak kekurangan, misalnya dari waktu yang lama untuk menyelesaikan sebuah transaksi dan juga tenaga staf yang harus lebih banyak jika ingin mengefisiensikan pembelian pelanggan. Belum lagi pemilik bisnis harus mencatat riwayat jual-beli secara manual yang rentan hilang dan memiliki potensi human-error yang tinggi.


Namun seiring berjalannya waktu dan pengaruh perkembangan teknologi perbankan berkembang di Indonesia, layanan transfer ke rekening bank muncul sebagai opsi transaksi antara penjual dan pembeli. Kehadiran layanan ini tentu mengikis beberapa tantangan besar, salah satunya adalah pembayaran tidak harus dilakukan secara langsung di lapak penjual dan pencatatan riwayat pembelian dapat terekam di bank.


Namun, pemilik bisnis harus tetap ke bank untuk menerima uang yang mereka terima dari pelanggan dan mengambil catatan riwayat pembelian jika ingin melakukan pembukuan.


Masalah ini kemudian dapat ditaktisi di tahun 2010an dengan kehadiran Virtual Account yang memberikan keuntungan berupa pembayaran secara online, pelayanan jual-beli secara otomatis, dan perekaman transaksi pembelian secara langsung serta dapat dipantau kapan saja. Efisiensi ini menjadi angin segar bagi pelaku usaha terutama e-commerce dalam menjalankan strategi bisnisnya.  


Pembayaran Virtual Account Meningkatkan Efisiensi Bisnis Anda

Sebagai teknologi modern dalam dunia perbankan, Virtual Account memberikan banyak manfaat bagi pemilik bisnis dan pelanggannya. Berikut penjelasan bagaimana pembayaran Virtual Account meningkatkan efisiensi bisnis anda:


1. Mempercepat Proses Pembayaran

Virtual account memungkinkan verifikasi pembayaran secara otomatis, sehingga Anda tidak perlu lagi mencocokkan pembayaran secara manual. Selain itu, Virtual Account juga membantu pelanggan untuk menerima konfirmasi pembayaran secara instan setelah mereka melakukan pembayaran, sehingga mereka tidak perlu menunggu lama untuk mengetahui apakah pembayaran mereka telah diterima.


2. Meningkatkan Akurasi Pencatatan Keuangan

Virtual account menyediakan laporan transaksi yang terintegrasi, sehingga Anda dapat dengan mudah melacak semua pembayaran yang masuk. Hal ini tentu akan meminimalisir kesalahan pencatatan keuangan yang disebabkan oleh proses manual.


3. Mengurangi Beban Kerja Staf

Virtual account dapat mengautomasikan proses pembayaran pelanggan sehingga dapat menghemat waktu staf Anda yang biasanya dihabiskan untuk memproses pembayaran secara manual.


4. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Durasi proses pembayaran dapat menjadi salah satu penentu puasnya pelanggan terhadap keseluruhan layanan dari sebuah perusahaan. Dengan pembayaran yang efisien dari Virtual Account, pelanggan tentu akan merasa lebih nyaman.


Selain itu, Virtual Account juga memungkinkan Anda untuk menawarkan berbagai pilihan pembayaran kepada pelanggan, sehingga mereka dapat memilih metode pembayaran yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.


5. Meningkatkan Keamanan Transaksi

Virtual account menggunakan sistem enkripsi untuk melindungi data pelanggan, sehingga dapat meminimalisir kasus penipuan yang terjadi dalam proses pembayaran.

 

Langkah-langkah Transaksi Mudah dengan Pembayaran Virtual Account

Untuk melakukan transaksi menggunakan Virtual Account, pelanggan hanya membutuhkan aplikasi online saja dan mengikuti tahapan sebagai berikut:

1. Dapatkan Nomor Virtual Account

Anda sebagai pemilik bisnis akan memberikan nomor Virtual Account kepada pelanggan melalui email, SMS, atau platform yang pelanggan gunakan untuk melakukan pembelian.

2. Memilih Platform Pembayaran

Sebelum melakukan transaksi pembayaran, pelanggan terlebih dahulu memilih platform pembayaran Virtual Account, misalnya dari aplikasi mobile banking, ATM bank, website internet banking, atau payment gateway.

3. Masukkan Nomor Virtual Account

Setelah memilih platform yang diinginkan, pelanggan kemudian memasukkan nomor Virtual Account yang mereka terima ke tab VA. Di platfrom Virtual Account BNI, tab tersebut Bernama “Nomor VA”.

4. Masukkan Nominal Pembayaran

Untuk beberapa jenis pembayaran, pelanggan tetap harus memasukkan nominal pembayaran mereka. Namun pada umumnya, jumlah harga yang harus ditunaikan oleh pelanggan akan terautomasi dikalkulasi oleh sistem.

5. Konfirmasi Transaksi

Pelanggan kemudian memeriksa kembali detail transaksi mereka sebelum melakukan konfirmasi. Setelah itu, pelanggan harus menekan tombol konfirmasi pada platform pembayaran.

6. Menerima Bukti Pembayaran

Setelah melakukan konfirmasi, maka pelanggan akan mendapatkan bukti pembayaran.


Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana yang dijelaskan di atas, Anda pun dapat merasakan kemudahan dan keamanan yang ditawarkan Virtual Account. Gunakan SPEcva Virtual Account untuk transaksi pembayaran bisnis Anda dan nikmati pengalaman bertransaksi yang lebih cepat, nyaman, dan bebas repot di era digital.


Comments


bottom of page