top of page
halaman blog financial technology company Indonesia
Artikel Solusi Pembayaran elektronik Indonesia

Blog

Artikel terbaru financial technology Indonesia
Cari
  • Gambar penulisAdmin

QRIS Cross-border, Solusi Pembayaran Internasional yang Efisien

qris cross border internasional

Di era globalisasi ini, mobilitas manusia dan pertukaran barang antar negara semakin marak. Hal ini memicu kebutuhan akan sistem pembayaran yang mudah, aman, dan efisien untuk transaksi lintas batas negara sehingga kita tidak perlu lagi menemui hambatan saat hendak melakukan pembayaran atau pembelian dengan mata uang yang berbeda. 

Inilah yang hendak dijawab oleh QRIS Cross Border, sebuah inovasi terbaru dari sistem pembayaran digital Indonesia. Simak pembahasan artikel ini mulai dari pengertian QRIS Cross Border itu apa hingga apa saja manfaatnya.



Apa itu QRIS Cross Border?

QRIS Cross Border adalah sebuah pengembangan metode pembayaran cashless dengan QRIS (Quick Response Indonesia Standard) ke ranah internasional. Dengan QRIS Cross Border, Anda dapat melakukan pembayaran antara negara menggunakan QR Code dan aplikasi pembayaran yang sama seperti di Indonesia tanpa harus menukar uang Anda ke mata uang asing.


QRIS Cross Border merupakan hasil kolaborasi Bank Indonesia dengan Bank Sentral negara-negara ASEAN dan didukung oleh berbagai penyedia jasa pembayaran. Sistem ini memungkinkan Anda bertransaksi antar negara tanpa perlu repot tukar mata uang. Pembeli dapat membayar dengan Rupiah, dan penjual menerima pembayaran dalam mata uang lokal mereka.


QRIS Antar Negara Bisa Digunakan di Negara Mana Saja?

Saat ini, QRIS Cross Border masih dalam tahap awal dan baru berlaku untuk beberapa negara ASEAN seperti Thailand, Malaysia, Singapura, dan Filipina. Keberadaan QRIS Cross Border ini membawa dampak positif yang cukup signifikan bagi negara-negara penggunanya. Di satu sisi memudahkan wisatawan Indonesia untuk berbelanja di negara lain, dan di sisi lain membuka segmentasi pasar baru bagi pemilik UMKM dari negara-negara tersebut (begitu pula sebaliknya). 


Salah satu contoh kasus yang dapat dilihat adalah Thailand. Tercatat sebanyak 14.555 kali jumlah transaksi dengan total nilai 8,54 miliar nominal dari wisatawan Indonesia di negara tersebut per tahun 2023 lalu. Dengan potensi ini, Indonesia berencana akan memperluas kerjasama dengan negara lain di Asia Timur seperti Jepang, Cina, dan Korea Selatan terkait pengaplikasian QRIS Cross Border di negara-negara tersebut.


Cara Menggunakan QRIS Antara Negara

Penggunaan QRIS Cross Border sangat mudah dan praktis. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Download aplikasi perbankan atau jasa keuangan.

  • Buka kemudian pilih menu Scan QRIS.

  • Scan kode QR di toko atau restoran yang ingin Anda bayari.

  • Pilih negara tujuan transaksi.

  • Sesuaikan nominal pembayaran dari mata uang asing ke dalam Rupiah.

  • Verifikasi transaksi dengan PIN atau metode autentikasi lainnya.

Setelah itu, pembayaran akan diproses melalui jaringan QRIS dan lembaga keuangan yang terkait di kedua negara. Transaksi akan selesai dalam hitungan detik.


Manfaat QRIS Cross Border

Manfaat QRIS Cross Border tidak hanya berlaku kepada penjual. Jika Anda adalah seorang pembeli, maka Anda tidak perlu repot tukar mata uang atau membawa uang tunai dalam jumlah besar. Pembayaran juga dilakukan secara elektronik dengan teknologi yang terjamin keamanannya dan hingga saat ini tidak menarik tagihan untuk tiap transaksi.

Sebaliknya jika Anda adalah seorang penjual, Anda akan mendapatkan peluang bisnis yang lebih luas dengan dapat menjangkau konsumen dari negara lain. Fleksibilitas transaksi secara mobile juga berarti kemudahan saat menerima pembayaran yang berarti Anda dapat menghemat tenaga untuk melayani konsumen. Yang tidak kalah penting lagi adalah Anda menunjukkan citra modern pada bisnis Anda karena telah mengikuti perkembangan teknologi.

Agar manfaat dari QRIS Cross Border berhasil diterima oleh kedua belah pihak, diperlukan lima pedoman utama, yaitu:

  1. Menciptakan infrastruktur terbuka dan interkoneksi pembayaran retail untuk menghubungkan sistem pembayaran di negara-negara ASEAN dan meningkatkan konektivitas regional.

  2. Menerapkan QRIS Cross Border melalui kerjasama multilateral antar negara-negara ASEAN.

  3. Mendorong inklusi keuangan, pariwisata, dan ekonomi digital, terutama bagi UMKM.

  4. Menjaga kepatuhan terhadap hukum dan peraturan di semua negara yang terlibat dalam QRIS Cross Border.

  5. Memaksimalkan penggunaan mata uang lokal atau negara masing-masing untuk transaksi QRIS Cross Border agar lebih hemat dan efisien.



Perluas Potensi Pasar dengan QRIS Cross Border

QRIS Cross Border telah hadir untuk membuka gerbang peluang bisnis Anda secara internasional. Manfaatkan QRIS Cross Border untuk menjangkau konsumen dari negara-negara ASEAN, meningkatkan penjualan, dan memberikan pengalaman bertransaksi yang mudah dan nyaman bagi pelanggan.


SPE Solution siap membantu Anda membangun infrastruktur QRIS Cross Border secara efisien dan aman. Hubungi Kami sekarang juga dan konsultasikan kebutuhan bisnis Anda bersama SPE Solution!

Comments


bottom of page