top of page
  • Gambar penulisAdmin

Core Banking System Mendorong Transformasi Digital Perbankan

transformasi core banking system

Di era digital ini, perbankan telah berevolusi pesat. Transaksi manual dan buku besar kini digantikan oleh sistem canggih yang membantu aktivitas pelayanan perbankan. Sistem ini dikenal sebagai Core Banking System (CBS), atau Sistem Perbankan Inti. Ingin tahu lebih jauh tentang apa yang dimaksud dengan core banking system dan apa saja manfaatnya? Simak artikel ini sampai selesai!



Apa Itu Core Banking System

Core Banking System (CBS) adalah perangkat lunak yang digunakan oleh lembaga keuangan, seperti bank, untuk mengelola operasi bisnis mereka secara integratif. CBS menggunakan 1 server atau database yang berfungsi untuk menyimpan data nasabah mulai dari awal pembuatan rekening, transaksi, hingga penutupan.


Data nasabah yang tersimpan ini dapat digunakan sebagai acuan cabang-cabang bank untuk menerima permohonan penyimpanan, pengiriman, dan penarikan dana dari nasabah dimanapun mereka berada. Hal ini juga membuat pelayanan lebih efisien karena cabang bank telah terakses dengan server yang sama dengan bank pusat. Nah, karena bentuk hubungan antara bank pusat dan bank cabang yang yang terwadahi oleh CBS inilah yang membuat perangkat lunak ini memiliki kemiripan dengan retail banking.



Jika dikomparasi dengan industri lain, Core Banking System juga memiliki kesamaan dengan billing system yang digunakan oleh perusahaan telekomunikasi atau ERP perusahaan manufaktur. Hanya saja, CBS biasanya dikerjakan oleh perusahaan perbankan itu sendiri (on-premise), vendor lokal, atau vendor asing (cloud-based).


Tujuan Adanya Core Banking System


CBS mengotomatiskan tugas manual seperti pengelolaan rekening dan pemrosesan transaksi, sehingga waktu pemrosesan dan kesalahan dapat berkurang secara signifikan. Alur kerja yang efisien memungkinkan staf untuk fokus pada tugas yang lebih kompleks dan interaksi dengan nasabah.


CBS memungkinkan akses real-time ke informasi dan transaksi rekening melalui berbagai saluran seperti internet banking dan mobile banking. Hal ini memberi kemudahan bagi nasabah untuk mengelola keuangan mereka secara mandiri dan nyaman. Sistem ini juga memfasilitasi waktu respons yang lebih cepat dan layanan yang dipersonalisasi untuk pertanyaan nasabah.


CBS mengumpulkan dan menganalisis data nasabah dalam jumlah besar, memberikan informasi berharga tentang perilaku nasabah dan tren keuangan. Bank dapat memanfaatkan data ini untuk membuat keputusan yang tepat tentang penawaran produk, strategi pemasaran, dan manajemen resiko.


CBS mengintegrasikan alat untuk mengidentifikasi, memantau, dan mengurangi potensi risiko terkait kredit, penipuan, dan kepatuhan terhadap peraturan. Pendekatan proaktif ini dapat menjaga kesehatan keuangan bank dan melindungi informasi nasabah.


Fasilitas Core Banking System

Output dari Core Banking System ini berjalan lurus dengan perkembangan zaman. Jika dulu hanya terbatas memfasilitasi operasional ATM saja, kini CBS memperkuat (bahkan dapat dikatakan menjadi inti) beragam layanan dari bank modern-di antara lain: dana elektronik, tele-banking, dan internet banking. 


Keberadaan layanan-layanan baru yang difasilitasi oleh Core Banking System ini juga memberikan kemudahan bank untuk melayani nasabah secara efisien. Artinya, bank dapat mengalokasikan tenaga staf ke hal lain yang lebih substansial.


Di sisi lain, sistem ini juga menyediakan beberapa modul seperti CIS (Customer Identification System), DDS (Demand Deposit System), GLS (General Ledger System), LNS (Loan System), dan TDS (Time Deposit System). Modul-modul ini berfungsi untuk membantu proses kredit, pinjaman, atau deposito dengan verifikasi dan pencatatan digital sehingga dapat menjamin keamanan dari tiap transaksi yang dilakukan oleh pihak nasabah dan bank.



Solusi Pelayanan yang Efisien & Aman

Core Banking System adalah salah satu produk teknologi di bidang perbankan. Pesatnya perkembangan teknologi pada sistem ini mengindikasikan inovasi pada industri keuangan terbilang kompetitif. Tiap bank atau developer berlomba untuk membuat pelayanan melalui sistem ini lebih baik dari sebelumnya untuk merawat hubungan kepada nasabah atau pelanggan. 


Untuk itu, perlu konsiderasi besar kepada pemilik bisnis untuk memilih mitra bank yang memberikan layanan modern seperti Core Banking System ini. Sementara dari pihak bank, adaptasi pada perubahan zaman adalah sebuah hal yang niscaya. Menggunakan Core Banking System untuk mengefisiensikan pelayanan dan memperkuat keamanan transaksi, pada titik ini, telah menjadi sebuah keharusan. Tunggu apa lagi? Konsultasikan kebutuhan teknologi keuangan Anda bersama SPE Solution sekarang juga!


Comments


bottom of page