top of page
  • Gambar penulisAdmin

Memahami Peran Strategis Issuer Bank dalam Transaksi Keuangan


Issuer bank dalam transaksi keuangan

Di era digital ini, transaksi keuangan semakin mudah dan cepat dengan hadirnya berbagai instrumen pembayaran elektronik. Di balik kemudahan ini, banyak produk layanan keuangan yang dibuat dan memberikan kontribusi besar, salah satunya adalah issuer bank. Artikel ini akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan issuer bank dan bagaimana manfaatnya kepada bisnis.



Pengertian Issuer Bank

Dalam konteks keuangan, issuer bank adalah lembaga yang menerbitkan dan mengelola kartu kredit dan kartu debit. Issuer bank bekerja sama dengan jaringan pembayaran seperti Visa, Mastercard, atau GPN untuk memastikan kartu dapat digunakan di berbagai merchant dan ATM. Kartu-kartu ini merupakan alat pembayaran yang memungkinkan pemegangnya untuk melakukan berbagai transaksi keuangan. Issuer bank memiliki peran penting dalam menyediakan akses pembayaran yang mudah dan aman bagi nasabahnya.


Berbagai Jenis Issuer Bank

Issuer bank, atau Penerbit Bank, tidak hanya terbatas pada bank konvensional. Seiring perkembangan teknologi dan industri keuangan, kini terdapat beberapa jenis issuer bank yang berperan dalam menerbitkan produk pembayaran elektronik:

1. Bank Umum

Ini adalah jenis issuer bank yang paling umum. Bank-bank komersial dan swasta besar biasanya menerbitkan berbagai produk pembayaran seperti kartu kredit, kartu debit, dan kartu prabayar. Mereka bekerja sama dengan jaringan pembayaran seperti Visa, Mastercard, atau GPN untuk memproses transaksi.


2. Lembaga Keuangan Non-Bank (LKNB)

Fintech (financial technology) company atau perusahaan teknologi finansial termasuk dalam kategori ini. Beberapa perusahaan fintech kini menawarkan produk pembayaran elektronik, seperti e-wallet atau dompet digital. LKNB juga ini biasanya bermitra dengan bank atau jaringan pembayaran untuk menerbitkan dan memproses transaksi produk mereka.


3. Perusahaan Besar

Dalam situasi tertentu, perusahaan besar juga dapat bertindak sebagai issuer bank. Mereka mungkin menerbitkan kartu pembayaran khusus untuk karyawannya, misalnya kartu makan atau kartu belanja internal perusahaan. Kartu ini biasanya berfungsi dalam jaringan tertutup (closed-loop) yang terbatas pada ekosistem perusahaan tersebut.


4. Perbedaan Jenis Issuer Bank

Meskipun sama-sama menerbitkan produk pembayaran, terdapat perbedaan mendasar antara jenis issuer bank tersebut:

  • Untuk regulasi, Bank umum dan LKNB tertentu diatur oleh otoritas keuangan yang ketat. Sementara, regulasi untuk perusahaan yang menerbitkan kartu tertutup mungkin lebih longgar.

  • Kartu yang diterbitkan bank umum umumnya memiliki jangkauan luas dan dapat digunakan di berbagai merchant. Kartu perusahaan biasanya terbatas pada jaringan internal mereka.

  • Bank umum umumnya menawarkan berbagai produk pembayaran, sementara perusahaan sangat mungkin hanya fokus pada satu jenis kartu khusus.


Fungsi Issuer Bank untuk Transaksi Keuangan

Issuer bank, atau penerbit bank, memiliki peran penting dalam menyediakan akses pembayaran yang mudah dan aman bagi nasabah. Selain menerbitkan kartu, issuer bank juga memiliki beberapa tanggung jawab lain, yang akan dibahas lebih lengkap di bawah ini:


Validasi Identitas

Issuer bank bertanggung jawab untuk memvalidasi identitas pemegang kartu untuk memastikan keamanan dan mencegah penipuan. Hal ini dilakukan melalui beberapa langkah, seperti:

  • Verifikasi data diri nasabah saat proses aplikasi kartu, seperti nama, alamat, tanggal lahir, dan nomor KTP.

  • Proses Know Your Customer (KYC) untuk memastikan bahwa nasabah bukan merupakan pihak yang berisiko tinggi melakukan penipuan atau pendanaan terorisme.

  • Penggunaan teknologi biometrik  seperti sidik jari atau pengenalan wajah untuk meningkatkan keamanan validasi identitas.


Otorisasi Transaksi

Issuer bank memiliki sistem untuk menyetujui atau menolak transaksi yang dilakukan dengan kartu yang diterbitkannya. Hal ini membantu untuk mencegah penipuan dan melindungi nasabah dari risiko keuangan. Sistem otorisasi ini biasanya berdasarkan:

  • Limit transaksi yang berarti Issuer bank dapat menetapkan limit transaksi harian, mingguan, atau bulanan untuk setiap kartu.

  • Verifikasi PIN saat melakukan transaksi.

  • 3D Secure untuk memberikan lapisan keamanan tambahan pada transaksi online.


Tagihan Bulanan

Issuer bank menerbitkan tagihan bulanan kepada pemegang kartu kredit yang berisi detail transaksi dan jumlah yang harus dibayarkan. Tagihan ini biasanya berisi informasi seperti:

  • Rincian transaksi: Daftar semua transaksi yang dilakukan dengan kartu selama periode tagihan.

  • Jumlah tagihan: Total jumlah yang harus dibayarkan oleh nasabah.

  • Tanggal jatuh tempo: Tanggal terakhir pembayaran tagihan.

  • Metode pembayaran: Cara pembayaran tagihan yang tersedia, seperti transfer bank, ATM, atau pembayaran online.


Pengelolaan Aktivitas Kartu

Issuer bank memantau dan mengelola segala jenis aktivitas yang berkaitan dengan kartu yang diterbitkannya, termasuk transaksi, penarikan tunai, dan pembayaran online. Pengelolaan aktivitas ini bertujuan untuk:

  • Mencegah penipuan dengan mendeteksi dan memblokir transaksi yang mencurigakan.

  • Melindungi nasabah dari risiko overspending.

  • Meningkatkan layanan berupa pemberian informasi dan bantuan kepada nasabah terkait dengan aktivitas kartu mereka.



Contoh Analogi Issuer Bank

Issuer bank dapat dianalogikan dengan penerbit buku. Penerbit buku menerbitkan buku dan menjualnya kepada toko buku. Toko buku kemudian menjual buku tersebut kepada pembeli.


Dalam analogi ini, issuer bank adalah penerbit buku, kartu pembayaran adalah buku, dan merchant adalah toko buku. Issuer bank menerbitkan kartu pembayaran dan menjualnya kepada merchant. Merchant kemudian menjual produk dan jasanya kepada pembeli menggunakan kartu pembayaran.


Issuer Bank untuk Bisnis Anda

Issuer bank memainkan peran penting dalam ekosistem keuangan modern dengan menyediakan infrastruktur yang memungkinkan transaksi keuangan mudah, aman, dan nyaman. Issuer bank tidak hanya menerbitkan kartu, tetapi juga bertanggung jawab atas berbagai aspek penting seperti validasi identitas, otorisasi transaksi, pengelolaan aktivitas kartu, dan keamanan.


SPE Solution sebagai perusahaan penyedia teknologi pembayaran digital terdepan siap membantu Anda dalam memilih issuer bank yang tepat untuk kebutuhan bisnis Anda. Kami memiliki tim ahli yang berpengalaman dan memahami kebutuhan bisnis Anda. Konsultasikan kebutuhan bisnis Anda dengan SPE Solution dan dapatkan solusi terbaik untuk pembayaran elektronik Anda.

Comentarios


bottom of page