top of page
  • Gambar penulisAdmin

Acquiring Bank dan Perbedaannya dengan Issuing Bank dalam Industri Financial


acquiring bank

Di era digital ini, transaksi keuangan menggunakan kartu kredit atau debit sudah menjadi hal yang lumrah. Dalam prosesnya, terdapat dua pihak penting yang berperan: acquiring bank dan issuing bank. Walaupun sama-sama bank, kedua jenis bank ini memiliki peran dan fungsinya masing-masing. Simak artikel ini untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan acquirer (acquiring bank) dan apa saja perbedaannya dengan issuing bank.



Definisi Acquiring Bank

Acquiring bank, atau dikenal juga sebagai merchant acquiring bank, ialah bank yang bekerja sama dengan pedagang untuk membantu mereka menerima pembayaran kartu kredit atau debit. Singkatnya, bank ini berperan sebagai perantara antara toko (pedagang) dan bank penerbit kartu (issuing bank) pelanggan.


Saat Anda berbelanja online dan membayar menggunakan kartu, acquiring bank-lah yang memastikan transaksi berjalan lancar dan uang berpindah dari bank Anda ke rekening penjual.


Fungsi Utama Acquiring Bank

Acquiring bank memainkan peran penting sebagai perantara merchant dan lembaga perbankan. Sebagai fasilitator transaksi kartu, acquirer bertanggung jawab atas pengelolaan proses pembayaran yang kompleks, memastikan keamanan data, dan mematuhi regulasi yang berlaku. Secara garis besar, fungsi utama acquiring bank dapat dijabarkan sebagai berikut:

  1. Acquiring bank menjadi jembatan penghubung antara merchant dan bank penerbit kartu, memastikan kelancaran arus dana dalam setiap transaksi.

  2. Acquiring bank menangani seluruh proses pembayaran, mulai dari otorisasi hingga penyelesaian dana ke rekening merchant.

  3.  Dengan menerapkan sistem keamanan terbaru dan teknologi mutakhir, acquirer melindungi informasi sensitif merchant dan konsumen dari berbagai ancaman siber.


Menyadari potensi risiko dalam transaksi online, acquiring bank wajib mengikuti pedoman ketat Payment Card Industry Data Security Standard (PCI DSS). Standar ini memastikan keamanan data kartu dan meminimalisir potensi penipuan.


Apabila terjadi penipuan (fraud) dalam transaksi, acquirer bertanggung jawab untuk menanggung kerugian merchant. Hal ini menunjukkan komitmen acquirer dalam menjaga keamanan dan melindungi kepentingan merchant.


Bagaimana cara acquiring bank bekerja?

Acquiring bank memainkan peran krusial dalam memfasilitasi transaksi kartu antara pembeli dan merchant. Berikut tahapan prosesnya:


Otorisasi

  • Acquiring bank menghubungi issuing bank (bank penerbit kartu) untuk meminta otorisasi transaksi.

  • Mereka memastikan dana mencukupi dan kartu valid.


Verifikasi Keamanan

  • Acquiring bank menerapkan langkah-langkah keamanan untuk memastikan transaksi sah dan meminimalisir penipuan.

  • Ini termasuk memeriksa riwayat transaksi, menggunakan alat deteksi fraud, dan menerapkan protokol keamanan yang ketat.


Transfer Dana

  • Setelah otorisasi, acquiring bank memindahkan dana dari rekening pembeli ke rekening merchant.

  • Proses ini melibatkan transfer melalui jaringan pembayaran dan integrasi dengan bank penerbit.


Settlement

  • Acquiring bank memproses settlement dengan merchant secara berkala.

  • Mereka menggabungkan semua transaksi dan mengirimkan dana ke rekening merchant.



Perbedaan Antara Acquiring Bank dan Issuing bank

Acquiring bank dan issuing bank adalah dua pihak penting dalam industri financial yang bekerja sama untuk memfasilitasi pembayaran elektronik. Acquiring bank berfokus pada membantu pedagang menerima pembayaran kartu, sedangkan issuing bank berfokus pada melayani nasabah dan memproses pembayaran mereka.


Sebagai analogi, Anda dapat membayangkan bahwa Anda sedang membeli produk di sebuah toko online. Ketika telah hendak membayar ke kasir toko secara cashless, Anda tentu akan menggunakan sebuah kartu kredit/debit yang diterbitkan oleh sebuah bank. Bank ini-lah yang disebut sebagai issuing bank.


Ketika kasir toko online tersebut menerima kartu kredit/debit Anda, maka ia akan memproses pembayaran Anda dengan beberapa tahap, misalnya memberikan sinyal ke issuing bank bahwa Anda hendak membayar produk dengan nominal tertentu, mencatat riwayat transaksi, dan mengarahkan issuing bank untuk menyepakati pengiriman dana ke rekening toko.


Penutup

Acquiring bank memainkan peran penting dalam memfasilitasi transaksi kartu dan mendukung pertumbuhan bisnis Anda. Memahami cara kerja acquiring bank dan memilih mitra yang tepat dapat membantu peningkatan performa bisnis. Konsultasikan kebutuhan Anda dengan SPE Solution dan temukan solusi yang tepat untuk meningkatkan keamanan, efisiensi, dan pertumbuhan bisnis Anda.


Kommentare


bottom of page