top of page
  • Gambar penulisPutri SB

Fitur Bulk Payment: Solusi Pembayaran untuk Banyak Mitra Bisnis



Coba kamu bayangkan, ketika membayar banyak mitra bisnis dengan cara manual satu per satu, sangat merepotkan bukan? apalagi saat tagihan sedang banyak-banyaknya dan harus segera diselesaikan. Sudah pasti proses ini memakan waktu lama, dan kamu juga bisa kehilangan banyak kesempatan untuk mengerjakan hal lainnya yang mungkin tak kalah penting untuk bisnis.



Kamu harus secara manual mengelola setiap transaksi, menginput data, hingga melakukan verifikasi pembayaran secara berulang. Mungkin tidak akan terasa jika mitra bisnis berjumlah sedikit, tetapi bagaimana jika harus mengelola ribuan bahkan jutaan pembayaran?


Di era serba modern saat ini, untuk mengatasi hal tersebut, banyak penyedia layanan keuangan termasuk platform pembayaran digital menawarkan fitur bulk payment. Memang apa sih bulk payment? Yuk, simak selengkapnya di sini!

Pengertian Bulk Payment 


Bulk payment atau pembayaran massal adalah suatu fitur atau layanan dalam sistem keuangan yang memungkinkan sebuah entitas, seperti perusahaan atau organisasi, untuk melakukan pembayaran kepada banyak penerima dalam satu transaksi tunggal.


Fitur bulk payment biasanya digunakan oleh perusahaan yang memiliki banyak mitra bisnis, vendor, atau karyawan yang perlu dibayarkan secara reguler. Misalnya, kamu dengan global supply chain yang luas bisa menggunakan fitur ini untuk membayar semua pihak terkait dalam satu proses saja.

Apa Saja Manfaat dari Bulk Payment?


Ada banyak manfaat yang bisa kamu peroleh dengan menggunakan fitur bulk payment, antara lain:


1. Proses Pembayaran Jadi Lebih Optimal


Mengelola pembayaran bisa menjadi suatu tugas yang begitu rumit dan memakan waktu, lho, terutama jika dilakukan secara manual dan melibatkan berbagai mitra bisnis. Seberapa banyak waktu yang akan terbuang jika pembayaran tersebut dilakukan satu per satu?


Namun, dengan memanfaatkan aplikasi pembayaran digital, terutama yang dilengkapi dengan fitur bulk payment, kamu bisa melakukan pembayaran kepada mitra sekaligus, tentu hal ini hal sangat berguna teruntuk kamu yang memiliki banyak mitra bisnis.


Dengan menggabungkan sejumlah transaksi menjadi satu, waktu yang biasanya diperlukan untuk menyelesaikan proses pembayaran bisa berkurang dan waktu tersebut bisa kamu manfaatkan untuk mengerjakan tugas-tugas strategis/operasional lainnya.


2. Efisiensi Waktu dan Tenaga

Dengan fitur bulk payment, memungkinkan kamu melakukan pembayaran kepada banyak mitra bisnis sekaligus dalam satu transaksi. Dengan begitu, waktu dan tenaga yang kamu butuhkan untuk menangani pembayaran berulang-ulang ini bisa lebih efisien secara signifikan.

Tanpa perlu lagi kamu harus melakukan input data, verifikasi pembayaran, dan mengirimkan pembayaran secara manual satu per satu untuk setiap mitra. Waktu tersebut bisa kamu manfaatkan untuk kegiatan lain yang lebih strategis.


3. Mengurangi Waktu Keterlambatan Pembayaran

Terlebih, pembayaran yang berhasil dibayarkan sesuai tempo atau bahkan sebelum tenggat waktu akan membuka pintu berbagai manfaat jangka panjang lainnya sehingga bisa memperkuat kerja sama dan membangun reputasi positif di mata mitra bisnis.


4. Pelacakan dan Pelaporan yang Lebih Baik

Sederhananya begini, dengan melakukan bulk payment, kamu bisa lebih mudah melacak sejumlah besar transaksi hanya dalam satu waktu. Dengan begitu, kamu bisa mengelompokkan dan mengorganisir pembayaran jadi lebih baik sehingga penyusunan laporan juga bisa dilakukan dengan lebih praktis.


Bayar Banyak Mitra Bisnis dengan Fitur Bulk Payment di Paper.id


Jangan khawatir, sekarang kamu bisa melakukan pembayaran ke banyak mitra bisnis sekaligus dengan fitur bulk payment di Paper.id, lho. Berikut cara pakai fitur bulk payment di Paper.id:


1. Login/register ke Paper.id



2. Masuk ke menu Invoice Pembelian, pilih invoice yang akan dibayar, klik Bayar ke Supplier



3. Pilih metode pembayaran sesuai yang diinginkan



4. Klik Lanjutkan Pembayaran




5. Lakukan proses pembayaran




Selamat, kamu baru saja menyelesaikan proses pembayaran di Paper.id. Bagaimana, sangat mudah kan? Cukup hanya beberapa menit saja, pembayaran untuk beberapa mitra bisa selesai jadi lebih cepat dan praktis.



Demikianlah pembahasan mengenai bulk payment, suatu fitur solusi pembayaran untuk banyak mitra bisnis. Tentu, fitur ini sangat menguntungkan dan bisa kamu manfaatkan sebagai aset strategis bagi kelancaran cash flow bisnis.

*Artikel ini hasil kerja sama antara Paper.id dan SPE


bottom of page